Prinsip dan syarat diet rendah sisa pdf

Menghindari makanan yang terlalu berlemak, terlalalu manis, terlalu asam dan berbumbu tajam 6. Sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam beberapa kasus justru terjadi konstipasi sulit buang air besar. Teh o Malam: Colitis Ulcerosa adalah sesuatu penyakit autoimun dengan gejala utama diare mengandung darah dan lendir mengakibatkan demam, nyeri abdomen,dehidrasi dan anemia.

Yang dimaksud dengan sisa adalah bagian-bagian makanan yang tidak diserap seperti yang terdapat dalam susu dan produk susu serta daging yang berserat kasar. Bumbu-bumbu yang merangsang tidak diperbolehkan. Makanan dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu tidak terlalu panas dan dingin.

Insiden karsinoma colon pada colitis ulcerosa cukup tinggi Colitis Terapi Obat obatan, disesuaikan dengan berat ringannya penyakit Diet Tinggi Energi Tinggi Protein TinggiCairan bila Dehidrasi Cukup zat gizi yang lain Berat, dengan pemberian preparat besi Bentuk makanan lunak, mudah cerna Pilih makanan dengan kandungan serat rendah Porsi kecil, diberikan frekuensi sering dan disajikan menarik Colitis 2.

Syarat dan Prinsip Diet: Semua serat, kasar menjengkelkan harus, karena itu akan dihindari dalam diet, karena merupakan iritan mekanik. Daging empuk, hati ayam,ikan digiling halus, telur direbus, ditim, diceplok air atau sebagai capuran dalam makanan dan minuman 3. Lama pemberian diet disesuaikan dengan perkembangan penyakit.

Syarat dan Prinsip Diet Rendah Sisa

Lemak Karena adanya diare, emulsi lemak bentuk seperti krim, mentega, susu, kuning telur, harus dimasukkan dalam diet, karena mereka mudah dicerna. Makan secara perlahan di lingkungan yang tenang. Suhu badan C. Bubur saring, ayam ungkep, sup tahu dan sari jeruk Pukul Vitamin Karena infeksi dan demam resultants, ada kebutuhan untuk meningkatkan asupan Vitamin A dan C.

Tahu ditim dan direbus, susu kedelai 4. Tadak mengandung bahan makanan atau bumbu yang tajam, baik secara termis, mekanis, maupun kimia disesuaikan dengan daya terima perorangan.

Nasi tim, semur daging giling dan tahu, tumis labu siam dan buah pepaya o Pukul Cerna Atas 1. Yang dimaksud dengan dengan sisa adalah bagian-bagian makanan yang tidak diserap seperti yang terdapat di dalam susu dan produk susu serta serat daging yang berserat kasar liat.

SYARAT DAN PRINSIP DIET SALURAN CERNA ATAS DAN BAWAH

Menghindari susu, produk susu, dan daging berserat kasar liat sesuai dengan toleransi perorangan. Makanan diberikan dalam bentuk cincang atau lunak. Kebutuhan gizi, yaitu: Untuk mencapai hal ini, makan secara teratur harus ditambah dengan minuman protein tinggi. Pada fase akut dipuasakan dan diberi makanan secara parenteral saja.

Bila gejala hilang dapat diberikan makanan biasa. Diet Rendah Sisa II, diberikan sebagai makanan perpindahan dari diet rendah sisa I atau kepada pasien diare kronis.

Mimisan ataupun pingsan tak sadarkan diri. Sumber protein hewani: Makanan sering diberikan dalam porsi kecil Menghindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam. Gangguan gastrointestinal sering dihubungkan dengan emosi atau psikoneurosis atau makan terlalu cepat karena kurang dikunyah serta terlalu banyak merokok.

Pada fase akut dapat diberikan makanan parenteral saja selama jam untuk memberikan istirahat pada lambung. Tidak merangsang dan tidak menimbulkan banyak gas. Syarat-syarat diet pada usus imflamatorik adalah: Sumber karbohidrat: Vitamin dan mineral, makanan formula, atau makanan parenteral Sunita, 2.

Secara garis besar, tanda dan gejala yang ditimbulkan antara lain ; 1. Dan melalui peredaran darah, kuman sampai di organ tubuh terutama hati dan limpa. Makanan sering diberikan dalam porsi kecil 8. Diet Serat Sebagai gejala tipus termasuk diare dan lesi di saluran usus, segala bentuk iritasi harus dihilangkan dari diet.

Bentuk makanan bergantung pada cara pemberian. Hasil diagnosis dokter an.Kementerian Kesehatan RI Direktorat Bina Gizi Subdit Bina Gizi Klinik DIET PENYAKIT JANTUNG Agar jantung anda sehat “makanlah mengikuti pola Gizi Seimbang. Macam Diet Dan Indikasi Pemberian Menurut beratnya penyakit diberikan: Diet Rendah Sisa I Diet Rendah Sisa II Diet sisa rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulitis akut, penyumbatan sebagian saluran cerna, hemoroid berat, serta pra dan pasca bedah saluran cerna.

Penatalaksanaan Diet Pada Penyakit Saluran Pencernaan

Semakin rendah nilai satuannya, maka makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Berlaku sebaliknya yaitu semakin tinggi nilai satuan kalori dalam satu jenis makanan maka makanan tersebut cocok bagi Anda yang sedang diet penambahan berat badan.

· Diet Rendah Sisa ini terbagi: Diet Rendah Sisa I, diberikan dalam bentuk saring. Makanan yang mengandung banyak serat sama sekali tidak diperbolehkan, begitu pun bumbu. Lemak dan gula diberikan dalam jumlah terbatas bila pasien tahan, susu tidak diperbolehkan.

Nilai gizi diet ini adalah kalori, 39 gr protein, 48 gr lemak dan gr karbohidrat. Karena rendah kalori, protein, kalsium. Scribd is the world's largest social reading and publishing site.

Diet Sisa Rendah diberikan kepada pasien dengan diare berat, peradangan saluran cerna akut, divertikulasi akut, obstipasi spastik, penyumbatan bagian cerna, hemoroid berat, serta pada pra dan pascabedah saluran cerna. Diet biasanya rendah dalam beberapa jenis zat gizi, sehingga hanya diberikan untuk jangka waktu pendek.

Bila diperlukan, di samping diet diberikan suplemen vitamin dan .

Prinsip dan syarat diet rendah sisa pdf
Rated 5/5 based on 44 review