Metabolisme heme

Sistem konjugasi dan sekresi bilirubin berlaku sebagai unit fungsional yang terkoordinasi. Sebagian besar urobilinogen berada pada feces akan dioksidasi oleh bakteri usus membentuk sterkobilin yang berwarna kuning kecoklatan.

ALASI adalah enzim regulatorik kunci jalur biosintesis heme di hati. Pendahuluan 1. Proses ini dikatalisis oleh enzim diglukoronil transferase dan menghasilkan bilirubin diglukoronida.

Metabolism

Sebagai contoh misalnya heme yang merupakan porfirin besi dan klorofil, merupakan porfirin magnesium. Sumbatan pada metabolisme heme hepatikus dan duktus koledokus akan menghalangi masuknya bilirubin keusus dan peninggian konsentrasinya pada hati menyebabkan refluks bilirubin larut ke vena hepatika dan pembuluh limfe.

Porfiria ini paling sering dijumpai dibanding yang lainnya. Porfiria cutanea tarda terjadi karena defisiensi partial uroporfirinogen dekarboksilasi, diturunkan secara otosomal dominan.

Selanjutnya, dengan penambahan oksigen lagi ion feri dibebaskan serta terbentuk karbon monoksida dan biliverdin IXa yang berwarna hijau.

Sehingga, dapat mempunyai pengaruh klinis.

Koproporfiria herediter terjadi karena defisiensi partial koproporfirinogen oksidase, diturunkan secara otosomal dominan. Bilirubin ini akan diikat nonkovalen dan diangkut oleh albumin ke hepar. Pada reptil, amfibi dan unggas hasil akhir metabolisme heme ialah biliverdin dan bukan bilirubin seperti pada mamalia.

Metabolisme Heme dan Globin

Biosintesis heme dapat dibagi menjadi 2 tahap, yaitu: Empat atom nitrogen di tengah molekul porfirin dapat mengikat ion logam seperti magnesium, besi, seng, nikel, kobal, tembaga, dan perak. Sehingga, dalam keadaan patologis pun transport tersebut tidak dipengaruhi. Jika kelainan enzim terjadi pada awal jalur reaksi sebelum terjadinya porfirinogen ALA dan PBG akan menumpuk di jaringan dan cairan tubuh secara klinis pasien mengeluh nyeri abdomen dan gejala neuropsikiatrik, dipihak lain blogenzim yang terjadi belakangan dalam jalur reaksi tersebut menyebabkan penimbunan berbagai porfirinogen.

Syndroma Gilbert, terjadi karena haemolisis bersama dengan penurunan uptake bilirubin oleh hepatosit dan penurunan aktivitas enzym konjugasi dan diturunkan secara autosomal dominan. Ikterik atau jaundice adalah keadaan dimana jaringan terutama kulit dan sklera mata menjadi kuning akibat deposisi bilirubin yang berdiffusi dari konsentrasinya yang tinggi didalam darah.

Penyerapan bilirubin oleh sel parenkim hati Konjugasi bilirubin dengan glukuronat di retikulum endoplasma Sekresi bilirubin terkonjugasi kedalam empedu. Porfirin dan derivat-derivatnya mempunyai spektrum absorbsi yang khas pada daerah yang dapat dilihat dan pada daerah ultraviolet.

Kadar bilirubin darah yang meninggi disebut hiperbilirubinemia, menjadi penyebab ikterus.Perubahan heme menjadi bilirubin secara in vivo dapat diamati pada warna ungu hematom yang perlahan-lahan beirubah menjadi bilirubin yang berwarna kuning. Metabolisme Bilirubin di Hati Metabolisme bilirubin dalam hati dibagi menjadi 3 proses.

Metabolisme Heme dilaksanakan di sel retikuloendotel pada hati, limpa & sumsum tulang ; Katabolisme heme dilaksanakan oleh enzim komplek yang disebut Oksigenase hemeAuthor: EKA RIDWAN HAERUL UMAM, justgohostelbraga.comI.

metabolisme heme I. Heme sebagai metaloporfirin Heme adalah kompleks senyawa protoporfirin IX dengan logam besi yang merupakan gugus prostetik berbagai protein seperti hemoglobin, mioglobin, katalase, peroksidase, sitokrom c dan triptophan justgohostelbraga.com: Rahmat Aditya. Metabolisme Porfirin dan Pigmen Empedu PORFIRIN Porfirin adalah suatu senyawa organik yang mengandung empat cincin pirol, suatu cincin segi lima yang terdiri dari empat atom karbon dengan atom nitrogen pada satu sudut.

metabolisme heme oleh awari susanti bp: program pascasarjana biologi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas andalas padang, Weblog dr. Suparyanto, justgohostelbraga.com berisi tentang materi kesehatan, taushiyah agama Islam dan akreditasi Puskesmas.

Banyak kekurangan dalam penulisan, untuk itu saran dan kritik untuk perbaikan penulisan sangat justgohostelbraga.com: Dr. Suparyanto, justgohostelbraga.com

Metabolisme heme
Rated 3/5 based on 39 review