Hidrolisis lemak didalam tubuh menghasilkan senyawa

Margarin adalah emulsi air dalam minyak yang berbentuk padat Pada uji penyabunan, lemak dan minyak dapat terhidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol.

Gliserin merupakan humektan sehingga dapat berfungsi sebagai pelembap pada kulit. Metabolisme yang terjadi dimulai dari: Pada dasarnya ada lemak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda.

Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, glikogen akan diubah kembali menjadi glukosa dengan bantuan hormon adrenalin. Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monodakarida. Pada umumnya, lemak merupakan zat yang memiliki fungsi utama sebagai penyedia terbesar energi bagi tubuh, yaitu dua setengah kali lebih besar dari energi yang dihasilkan karbohidrat maupun protein.

Kemudian, lemak dan minyak merupakan sumber energy yang lebih efisien dibandingakan karbohidrat dan protein. Struktur trigliserida sebagai lemak netral Trigliserida atau lebih tepatnya triasilgliserol atau triasilgliserida adalah sebuah gliseridayaitu ester dari gliserol dan tiga asam lemak.

Uji protein 2. Tahap berikutnya adalah reaksi hidrolisis asam fosfatidat ini dengan fosfatase sebagai katalis dan menghasilkan suatu 1, 2-digliserida.

Sumber protein dari bahan makanan hewani merupakan sumber protein yang baik, dalam jumlah maupun mutu seperti telur, susu, daging, unggas, ikan dan kerang. Hal ini disebabkan oleh karena produksi senyawa keton lebih besar daripada penggunaan. Adapun yang termasuk senyawa lipid antara lain kolesterol, steroid, dan terpenoid.

Bila ditinjau dari konformasinya maka protein bisa dibagi menjadi dua golongan yaitu bentuk serabut atau benang fibrous dan globular. Metabolisme Senyawa Keton Asetil koenzim A yang dihasilkan oleh reaksi oksidasi asam lemak dapat ikut dalam siklus asam sitrat apabila penguraian lemak dan karbohidrat seimbang.

Asam lemak bersenyawa kembali dengan gliserol membentuk lemak. Ditambahkan larutan soda yang sudah dibuat. Jika kapasitas penyimpanan glikogen sudah penuh, maka karbohidrat harus dikonversi menjadi jaringan lipid sebagai cadangan energi jangka panjang.

Metode yang ketiga minyak castor sendiri digunakan untuk membuat sabun atau lebih dari sepertiga lemak dapat ditambah utnuk setiap sabun dasar diatas.

Manfaat Lemak, Sumber Dan Macam-Macam Lemak

Disakarida yang penting antara lain, sukrosa, laktosa dan maltosa. Bila dalam metabolisme karbohidarat tidak sampai terbentuk asam piruvat maka zat yang berupa asetil-asetat akan di ubah menjadi aseton, yakni ikatan keton yang ditimbun dalam darah.

Polisakarida atau karbohidrat kompleks terdiri dari molekul karbohidrat yang lebih besar, lebih kompleks yang mengandung banyak unit gula. Disakarida memiliki rasa manis dan mudah larut dalam air. Kelarutannya dalam air pada umumnya paling kecil pada Ph antara 4,3 atau dapat dikatakan kadar ion kutub ganda yang paling kecil terdapat pada Ph tersebut Martoharsono, Asam lemak pada umumnya adalah asam monokarboksilat berantai lurus.

Biasanya minyak berasal dari tumbuhan dan lemak dari hewan. Dari rumus umum dapat diketahui bahwa karbohidrat adalah suatu polimer. Beberapa bahan yang mengandung lemak nabati adalah kelapa,kemiri,zaitun,kacang tanah,mentega,kedelai,dll.

Sabun cuci, adalah sabun yang digunakan untuk mencuci. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosapadat. Namun lemak dapat larut dalam pelarut organik seperti kloroform,eter dan benzen. Endapan membentuk kristal. Setelah itu sabun ditutup dan dibiarkan selama 2 jam atau sampai pada tengahnya ada tonjolan.

Sebaliknya, tidak jenuh artinya atom karbonnya ada yang memiliki ikatan rangkap dengan atom karbon di sebelahnya dan masih bisa dijenuhkan atau diikatkan dengan atom hidrogen. Lemak hewan dan tumbuhan mempunyai susunan asam lemak yang terkandung didalamnya diukur dengan bilangan iodium.

Makalah Lipid

Reaksi yang terjadi: Jalur ini dinamakan glukoneogenesis pembentukan glukosa baru karena dianggap lipid dan protein harus diubah menjadi glukosa baru yang selanjutnya mengalami katabolisme untuk memperoleh energi. Setiap gliserol mungkin berikatan dengan 1, 2 atau 3 asam lemak yang tidak harus sama.Kita seharusnya dapat menggunakan dan memanfaatkan asam basa, hidrolisis garam, larutan penyangga dan sistem koloid dengan baik dalam kehidupan sehari- hari, dengan memanfaatkan hal tersebut kita bias mengembangkan sesuatu yang bermanfaat dalam bidang bidang tertentu seperti bidang biologi, perindustrian,dan farmasi serta didalam tubuh kita.

Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak. 1 gram lemak menghasilkan kjoule atau 9,3 kcal. Lemak mempunyai fungsi seluler dan komponen struktural pada membran sel yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan aliran.

Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh dan analog dengan amilum pada tumbuhan. Glikogen terdapat didalam hati (sampai 6%) dan otot jarang melampaui jumlah 1%.

Metabolisme – Pengertian, Proses, Contoh dan Fungsinya

Tetapi karena massa otot jauh lebih besar daripada hati, maka besarnya simpanan glikogen di otot bisa mencapai tiga sampai empat kali lebih banyak. 3/19/ · Metabolisme lemak adalah proses dimana asam lemak akan dicerna lalu dipecahkan dalam menghasilkan energy atau disimpan pada tubuh manusia untuk sebagai cadangan energy.

Metabolisme lemak prosesnya terjadi di dalam usus karena usus mengandung sebuah enzim justgohostelbraga.com: Guru Ipul. Lemak dan minyak dapat terhidrolisis, lalu menghasilkan asam lemak dan gliserol.

Proses hidrolisis yang disengaja dilakukan dengan penambahan basa kuat, seperti NaOH molekul pemanasan dan menghasilkan gliserol dan sabun.

Proses hidrolisis minyak oleh.

makalah Tentang matabolisme lemak / Lipid (Lengkap)

Metabolisme lemak merupakan proses tubuh untuk menghasilkan energi dari asupan lemak setelah masuk menjadi sari-sari makanan dalam tubuh. Dalam memetabolisme lemak menjadi energi kita membutuhkan bantuan glukosa dari karbohidrat. Karena itu, tubuh kita cenderung menuntut makan yang manis-manis setelah makan makanan yang kaya akan lemak.

PERCOBAAN VIII - Senyawa Bio-Organik Lemak & Protein (Kimia Dasar I)
Hidrolisis lemak didalam tubuh menghasilkan senyawa
Rated 4/5 based on 11 review